SIAGIAN, NURBAINA (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153351029 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 1153351029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
3. NIM. 1153351029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4. NIM. 1153351029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
5. NIM. 1153351029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM. 1153351029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 1153351029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 1153351029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 1153351029 BAB I.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
13. NIM. 1153351029 BAB V.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
14. NIM. 1153351029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan behavioristik terhadap penyesuaian diri siswa kelas VIII-4 MTs Negeri 2 Medan. Jenis penelitian Quasi experimental dengan design Pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-4 MTs Negeri 2 Medan T.A. 2019/2020 yang berjumlah 35 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII-4 yang tingkat penyesuaian dirinya rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala penyesuaian diri sebanyak 51 butir item dengan jumlah realibilitas 0,465. Dari hasil perhitungan diperoleh skor pre-test pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 140 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 171. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok pendekatan behavioristik dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Dari hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 16 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=8, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 16 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok pendekatan behavioristik terhadap penyesuaian diri siswa kelas VIII-4 MTs Negeri 2 Medan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 100 |
Keywords: | Konseling Kelompok, Pendekatan Behavioristik, Penyesuaian Diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:23 |
Last Modified: | 13 May 2020 18:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37406 |