Aggraeni, Wenny (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM CERITA ANAK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VII SMP PANCA BUDI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166192030 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 8166192030 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. NIM 8166192030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM 8166192030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM 8166192030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM 8166192030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
7. NIM 8166192030 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM 8166192030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 8166192030 BAB I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
13. NIM 8166192030 BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM 8166192030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Mendeskripsikan proses pengembangan multimedia
interaktif pada materi cerita anak berbasis pendidikan karakter di kelas VII SMP
Panca Budi Medan. (2) Mendeskripsikan kelayakan multimedia interaktif pada
materi cerita anak berbasis pendidikan karakter di kelas VII SMP Panca Budi
Medan. (3) Mendeskripsikan keefektifan multimedia interaktif pada materi cerita
anak berbasis pendidikan karakter di kelas VII SMP Panca Budi Medan.
Multimedia interaktif dalam cerita anak (fabel) dikembangkan dalam bentuk CD
pembelajaran interaktif. Metode penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan Research and Development (R&D) dengan model DDD-E
(Decide. Design, Develop, Evaluate). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)
validasi ahli desain dengan persentase rata-rata 82% dengan kriteria “sangat baik”.
(2) validasi ahli materi dengan persentase rata-rata 94% dengan kriteria “sangat
baik”. (3) validasi guru dengan persentase rata-rata 96% dengan kriteria “sangat
baik”. (4) uji coba perorangan dengan persentase rata-rata 77% dengan kriteria
“baik”. (5) uji coba kelompok kecil dengan persentase rata-rata 87% dengan
kriteria “sangat baik”. (6) uji coba lapangan terbatas dengan persentase rata-rata
95% dengan kriteria “sangat baik”. Kegiatan akhir dari pengembangan media
pembelajaran ini dilanjutkan dengan melihat keefektifitasan siswa dalam
pembelajaran fabel. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Panca
Budi Medan. Hasil belajar tes pemebelajaran fabel pada materi ciri-ciri dan unsur
sebelum menggunakan media pembelajaran rata-rata sebesar 60, sedangkan hasil
belajar tes sesudah menggunakan media pembelajaran rata-rata 78,6. Selisih yang
diperoleh 18,6 dari sebelum ke sesudah. Hasil belajar tes pemebelajaran pada
materi menceritakan kembali fabel sebelum menggunakan media pembelajaran
rata-rata sebesar 68,66, sedangkan hasil belajar tes sesudah menggunakan media
pembelajaran rata-rata sebesar 83,83. Selisih yang diperoleh sebesar 15,17 dari
sebelum ke sesudah. Implikasi multimedia interaktif dalam pembelajaran fabel
adalah media pembelajaran ini akan memberikan kemudahan bagi guru untuk
memberikan materi pelajaran, serta memberikan kemudahan bagi siswa dalam
menerima dan menerapkan materi pelajaran yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 813 Ang p |
Keywords: | multimedia, cerita anak, pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 05:01 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37263 |