Siagian, Erika Siska Yolanda (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA LECTORA INSPIRE BERBASIS ICT UNTUK MEMINIMALISASI MISKONSEPSI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176141002 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM 8176141002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
3. NIM 8176141002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM 8176141002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM 8176141002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM 8176141002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 8176141002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 8176141002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8176141002 BAB I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
13. NIM 8176141002 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 8176141002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran kimia yang dapat
meminimalisasi miskonsepsi yang telah dikembangkan sesuai dengan BSNP;
mengetahui perbedaan miskonsespsi siswa yang dibelajarkan dengan media
Lectora Inspire dan Powerpoint.Penelitian ini ternasuk penelitianpengembangan
Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis –
Design – Development- Implementation- Evaluation. Populasi dalam penelitian
ini adalah kelas XI SMA T.A 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah
purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang dijadikan kelas
eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 masing-masing terdiri dari 30
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket modifikasi
BSNP dan tes diagnostik three tier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil
analisis media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 1 Secanggang masih
belum memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh BSNP (2) Persentase siswa kelas
XI di SMA Negeri 1 Secanggang yang mengalami miskonsepsi pada materi
larutan penyangga sebesar 38% (3) Hasil penilaian para ahli terhadap media
pembelajaran kimia lectora inspire berbasis ICT yang dikembangkan diperoleh
rata-rata sebesar 3,77 artinya valid sehingga dapat dipergunakan sebagai media
pembelajaran kimia (4) Terdapat perbedaan miskonsepsi siswa yang diajarkan
dengan mengunakan media pembelajaran kimia lectora inspire dan siswa yang
diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran kimia powerpoint dengan
nilai thitung > ttabel (4,835> 2,002).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.711 Sia p |
Keywords: | Media Pembelajaran, Mikonsepsi, Lectora Inspire, Larutan Penyangga |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2019 03:02 |
Last Modified: | 30 Nov 2019 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37243 |