Yunita, Meli Rama (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VII SMP SWASTA RAJA GARUDA MAS BESITANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156172023 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 8156172023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM 8156172023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM. 8156172023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
5. NIM. 8156172023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
6. NIM. 8156172023 TABLE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 8156172023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 8156172023 APENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8156172023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (803kB) | Preview
13.NIM 8156172023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM. 8146172023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana: 1) validitas,
kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis yang dikembangkan
dan 2) peningkatan kemampuan visual thinking matematis dan self efficacy siswa
terhadap matematika dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model
pengembangan yang digunakan adalah model thiagarajan yang terdiri atas empat
tahapan. Penelitian ini menghasilkan produk yaitu Rencana Pelaksanaan
Pembelajarn (RPP), Buku Guru (BG), Buku Siswa (BS), Lembar Aktivitas Siswa
(LAS), Tes Kemampuan Visual Thinking Matematis dan angket self efficacy
siswa terhadap matematika. Uji coba 1 dilakukan di kelas VII-1 dan uji coba 2
dilakukan di kelas VII-2 SMP Swasta RGM Besitang. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran valid, baik dari validitas isi
maupun validitas konstruk, 2) perangkat pembelajaran praktis digunakan, dilihat
dari penilaian validator dan respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran
yang dikembangkan, 3) perangkat pembelajaran efektif, dilihat dari ketuntasan
belajar dan aktivitas siswa, 4) peningkatan kemampuan visual thinking siswa
berada pada kategori sedang dan 5) adanya peningkatan sel efficacy siswa
terhadap matematika dari uji coba 1 ke uji coba 2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.Yun p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Visual Thinking dan Self Efficacy. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 02:35 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37234 |