Syafitri, Desi (2019) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SALSA CINTA RAKYAT TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
03 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
05 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
06 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
07 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - DIAGRAMS.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalahmasih ada anak yang belum mampu mengenali ekspresi temanya, kurangnya sikap keperdulian anak, kurangnya rasa menghargai terhadap sesama teman, kurangnya sikap tolong menolong terhadap sesama teman, anak belum mampu mengakui kesalahanya, anak belum mampu menunjukan sikap kasih sayang, penggunaan metode bermain peran jarang digunakan, kurangnya metode pembelajaran guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap empati anak. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B anak usia 5-6 Tahun di TK Salsa dengan jumlah 22 anak yang menggunakan 2 kelas yaitu B2 kelas eksperimen yang berjumlah 10 anak dengan di beri perlakuan metode bermain peran makro dan B3 kelas kontrol yang berjumlah 12 anak dengan diberi perlakuan metode bermain peran mikro, pengambilan sampel dipilih secara acak (simple random sampling)dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi.Jenis penelitian iniyaitu penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimendengan desain Post-test Only Control Design bentuk Quasi Eksperiment (Eksperimen semu). Hasil penelitian menunjukkan perlakukan yang berbeda diperoleh skor empati anak kelas eksperimen sebesar 3,31 sedangkan skor yang diperoleh dikelas kontrol sebesar 2,34. Hal ini didapat dengan menggunakan Uji Mann Whitney (U-Test) sampel besar, yang dilanjut dengan uji signifikasi pada 0,025, terlihat bahwa nilai ∝/5= 0,05/2 = 0, 025, nilai Ztabel ∝ = 0,025 n1 = 10, n2 = 12sehingga diperoleh Zhitung = 0,16>Ztabel =1,96, maka Terdapat pengaruh yang signifikan antara empati anak usia 5-6 tahun dikelas eksperimen menggunakan kegiatanbermain peran makro dan kelas kontrol menggunakan bermain peran mikro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PAUD 072 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:33 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37201 |