POSO, MUHAMMAD (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER I DI SMA NEGERI 1 BINJAI KABUPATEN LANGKAT T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121042 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 4151121042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3. NIM. 4151121042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4151121042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 4151121042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 4151121042 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4151121042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4151121042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4151121042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 4151121042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 4151121042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat T.A 2019/2020. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-posttest design. Populasi dan sampel seluruh siswa kelas kelas XI IPA SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat yang terdiri dari 2 kelas. Kelas XI-IPA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas XI-IPA-4 sebagai kelas control berjumlah 35 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik class random sampling dimana jumlah populasi dan sampel sama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes hasil belajar keterampilan proses sains yang terdiri dari 8 butir soal essai yang telah divalidasi dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa selama proses pembelajaran di kedua kelas oleh bantuan observer. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 31,19 dan kelas kontrol 30,71. Sedangkan hasil postes untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 78,93 dan kelas kontrol 66,31. Dari hasil pengujian hipotesis dengan uji-t satu pihak diperoleh diperoleh nilai postest thitung > ttabel yaitu 6,217 > 1,668 maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Statis Kelas XI di SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat T.A. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 296 |
Keywords: | SCIENTIFIC INQUIRY, PEMBELAJARAN KONVENSIONAL, KETERAMPILAN PROSES SAINS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37173 |