MANALU, HAGRINA MAYLISSA LISTIARINI (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Dengan Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X AP SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7151144013 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 7151144013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
3. NIM. 7151144013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 7151144013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM. 7151144013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 7151144013 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7151144013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7151144013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7151144013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM. 7151144013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7151144013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Korespondensi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan pemberian reward lebih tinggi daripada hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X AP SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jalan STM No. 12 E, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Medan Amplas pada tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 215 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling dimana kelas X AP 3 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen I dan kelas X AP 4 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, hipotesis, uji t dan uji z dengan kriteria terima hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata–rata pre-test kelas eksperimen I yaitu 40,97 dan post-test 82,55 dengan standar deviasi 10,88 dan 7,21. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen II yaitu 33,19 dan post-test 71,08 dengan standar deviasi 8,46 dan 5,54. Pengujian hipotesis dengan uji t dari hasil post-test yang dilakukan, diperoleh thitung = 19,277 dan ttabel = 1,668 maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 19,277 > 1,668. Melalui kriteria pengujian hipotesis dengan uji t dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Pengujian hipotesis dengan uji z dari hasil post-test yang dilakukan, diperoleh Zhitung = 1,81 dan Ztabel = 1,64 maka dapat disimpulkan Zhitung > Ztabel yaitu 1,81 > 1,64 yang berarti hasil belajar Korespondensi dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan pemberian reward lebih tingi dari KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Korespondensi yang diajarkan dengan model pembelajaran Treffinger dengan pemberian reward lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Korespondensi yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional siswa SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 117 |
Keywords: | Model Pembelajaran Treffinger dengan Pemberian Reward; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37170 |