PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA METHODIST-8 MEDAN

SIHOMBING, EVI SEPTINA ULI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA METHODIST-8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4153121019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153121019 COVER.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153121019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153121019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4153121019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153121019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153121019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153121019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4153121019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4153121019 TABLES.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4153121019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4153121019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4153121019 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4153121019 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153121019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4153121019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153121019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153121019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153121019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model learning cycle 5E dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Fluida Statis dengan sub materi Tekanan Hidrostatis, Hukum Pascal dan Hukum Archimedes. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI SMA Methodist-8 Medan T.P. 2019/2020. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik sampling purposive yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran learning cycle 5E dengan pendekatan STEM dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan berpikir kreatif berbentuk uraian sebanyak 6 soal. Data pre-test dilakukan uji hipotesis dua pihak dan post-test dilakukan uji hipotesis satu pihak dengan uji t dengan syarat normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen adalah 68,45 dan kelas kontrol adalah 62,98. Berdasarkan data hasil post-test diperoleh thitung 3,217 dan ttabel 1,669. Karena thitung>ttabel (3,217>1,669) dengan demikian dapat menunjukkan terdapat perbedaan, yang berarti ada pengaruh dari penerapan model learning cycle 5E dengan pendekatan STEM secara signifikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Fluida Statis kelas XI SMA Methodist-8 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 300
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif; Learning Cycle 5e; Stem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:30
Last Modified: 06 Mar 2020 08:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37121

Actions (login required)

View Item
View Item