SIHOMBING, EVI SEPTINA ULI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA METHODIST-8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153121019 COVER.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2. NIM 4153121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM 4153121019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM 4153121019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. NIM 4153121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM 4153121019 TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. NIM 4153121019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 4153121019 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. NIM 4153121019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM 4153121019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
14. NIM 4153121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model learning cycle 5E dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Fluida Statis dengan sub materi Tekanan Hidrostatis, Hukum Pascal dan Hukum Archimedes. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI SMA Methodist-8 Medan T.P. 2019/2020. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik sampling purposive yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran learning cycle 5E dengan pendekatan STEM dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan berpikir kreatif berbentuk uraian sebanyak 6 soal. Data pre-test dilakukan uji hipotesis dua pihak dan post-test dilakukan uji hipotesis satu pihak dengan uji t dengan syarat normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen adalah 68,45 dan kelas kontrol adalah 62,98. Berdasarkan data hasil post-test diperoleh thitung 3,217 dan ttabel 1,669. Karena thitung>ttabel (3,217>1,669) dengan demikian dapat menunjukkan terdapat perbedaan, yang berarti ada pengaruh dari penerapan model learning cycle 5E dengan pendekatan STEM secara signifikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Fluida Statis kelas XI SMA Methodist-8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 300 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif; Learning Cycle 5e; Stem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37121 |