TARIGAN, ELGITA BR (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS ZAT PADAT DI KELAS XI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153121017 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4153121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
3. NIM. 4153121017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4153121017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM. 4153121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 4153121017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
7. NIM. 4153121017 TABLES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
8. NIM. 4153121017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9. NIM. 4153121017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
13. NIM. 4153121017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 4153121017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa (KPS); 2) Pengaruh kreativitas terhadap keterampilan proses sains siswa; 3) Interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan kreativitas terhadap KPS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.P 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah siswa masing-masing. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 8 soal essay untuk KPS dan 5 soal essay untuk tes kreativitas. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Varians (ANAVA) 2 Jalur dengan syarat data berpola linear. Uji lanjut yang digunakan adalah Uji t dengan prasyarat data berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata prestes untuk kelas eksperimen 38,67 dan kelas kontrol 38,16. Hasil KPS siswa dengan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dengan nilai sebesar 74,91 dan kelas kontrol 67,57, nilai rata-rata KPS pada kelompok siswa dengan kreativitas diatas rata-rata 78,88 dibawah rata-rata 70,46 untuk kelas eksperimen. Nilai rata-rata KPS pada kelompok siswa dengan kreativitas diatas rata-rata 65,88.dan dibawah rata-rata 69,26. Diperoleh kesimpulan 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran, inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa; 2) Pengaruh kreativitas terhadap keterampilan proses sains siswa; 3) Ada interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan kreativitas terhadap keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 305 |
Keywords: | inkuiri;kreativitas;keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37068 |