ALVIONICA, UKE FRISMA (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN KAB. DELI SERDANG T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151141063 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4151141063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 4151141063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 4151141063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 4151141063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 4151141063 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 4151141063 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4151141063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
12. NIM. 4151141063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM. 4151141063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 180 siswa dari 5 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan secara purposive sampling, yaitu kelas XI MIA4 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI MIA3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang digunakan untuk pretest dan posttest pada kedua kelas sampel untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan soal berpikir kritis sebanyak 5 soal untuk mengukur hasil berpikir kritis siswa. Dari hasil penelitian didapat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 80,15, sedangkan di kelas kontrol sebesar 71,81. Pada hasil pengamatan sikap di kelas eksperimen, didapat bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa di tiap pertemuan. Dari hasil belajar kedua kelas tersebut, maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t 2 pihak dengan hasil sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,008 < 0,05 yang berarti bahwa adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2019/2020. Serta nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis untuk kelas eksperimen sebesar 73,93, sedangkan kelas kontrol sebesar 72,12 dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t 2 pihak dengan hasil sig. (2-tailed) > 0,05 yaitu 0,32 > 0,05 yang berarti bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 315 |
Keywords: | Model Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37064 |