PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

HUTASOIT, SINAR DELIANA (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4153141053 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153141053 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153141053 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153141053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153141053 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4153141053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153141053 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153141053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153141053 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4153141053 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4153141053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4153141053 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4153141053 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4153141053 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4153141053 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153141053 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4153141053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153141053 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153141053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153141053 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153141053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD berbasis pembelajaran kontekstual (CTL) pada materi Keanekaragaman Hayati sehingga memperoleh LKPD yang layak serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan produk 4D. Model ini meliputi 4 tahap yaitu, (1) desain; (2) define; (3) development; dan (4) disseminate. LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain grafis, tanggapan oleh guru biologi dan tangapan oleh peserta didik kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Sunggal. Seluruh data diperoleh dari instrumen pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori “sangat layak”, ahli pembelajaran sebesar 93,75% dengan kategori “sangat layak”, ahli desain grafis sebesar 93,75% dengan kategori “sangat layak”, tanggapan guru biologi sebesar 95,83%, serta persentase tanggapan peserta didik pada uji lapangan sebesar 95% dengan kategori “layak”. Produk akhir LKPD berdasarkan tingkat kelayakan dapat dikategorikan “sangat layak” dalam kegiatan pembelajaran khususnya materi keanekaragaman hayati. Berdasarkan hasil uji efektivitas, uji paired t test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa 0,000 < 0,005 sehingga diperoleh adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dengan posttest. Berdasarkan hasil N-Gain score pretest dan posttest diperoleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,50 dengan kategori peningkatan hasil belajar pada kriteria “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk LKPD berbasis pembelajaran kontekstual (CTL) pada materi keanekaragaman hayati ini layak dan cukup efektif digunakan sebagai bahan ajar pendukung untuk mempermudah proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 318
Keywords: pengembangan LKPD; Pembelajaran kontekstual
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:28
Last Modified: 04 Mar 2020 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37044

Actions (login required)

View Item
View Item