HUTASOIT, SINAR DELIANA (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153141053 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM 4153141053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
3. NIM 4153141053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM 4153141053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM 4153141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM 4153141053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM 4153141053 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4153141053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 4153141053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM 4153141053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4153141053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD berbasis pembelajaran kontekstual (CTL) pada materi Keanekaragaman Hayati sehingga memperoleh LKPD yang layak serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan produk 4D. Model ini meliputi 4 tahap yaitu, (1) desain; (2) define; (3) development; dan (4) disseminate. LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain grafis, tanggapan oleh guru biologi dan tangapan oleh peserta didik kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Sunggal. Seluruh data diperoleh dari instrumen pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori “sangat layak”, ahli pembelajaran sebesar 93,75% dengan kategori “sangat layak”, ahli desain grafis sebesar 93,75% dengan kategori “sangat layak”, tanggapan guru biologi sebesar 95,83%, serta persentase tanggapan peserta didik pada uji lapangan sebesar 95% dengan kategori “layak”. Produk akhir LKPD berdasarkan tingkat kelayakan dapat dikategorikan “sangat layak” dalam kegiatan pembelajaran khususnya materi keanekaragaman hayati. Berdasarkan hasil uji efektivitas, uji paired t test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa 0,000 < 0,005 sehingga diperoleh adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dengan posttest. Berdasarkan hasil N-Gain score pretest dan posttest diperoleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,50 dengan kategori peningkatan hasil belajar pada kriteria “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk LKPD berbasis pembelajaran kontekstual (CTL) pada materi keanekaragaman hayati ini layak dan cukup efektif digunakan sebagai bahan ajar pendukung untuk mempermudah proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 318 |
Keywords: | pengembangan LKPD; Pembelajaran kontekstual |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:28 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37044 |