TAMBUNAN, NORITA ROLASMAIDA (2019) METODE CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG) BAGI SISWA TUNAGRAHITA MELALUI EKSTRAKURIKULER BERNYANYI DI SLB NEGERI PADANGSIDIMPUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2141140035 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 2141140035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
3. NIM. 2141140035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4. NIM. 2141140035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM. 2141140035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM. 2141140035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2141140035 TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 2141140035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
12. NIM. 2141140035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13. NIM. 2141140035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode calistung (membaca, menulis dan berhitung) bagi siswa tunagrahita melalui ekstrakurikuler bernyanyi di SLB Negeri Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode, hakikat membaca, hakikat menulis, hakikat berhitung, anak tunagrahita, ekstrakurikuler dan bernyanyi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kualitatif yang meliputi beberapa aspek: Pengamatan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Negeri Padangsidimpuan, yang beralamat di Jalan Ompu Sarudak, Kec. Padangsidimpuan Hutaimbaru, Padangsidimpuan. Waktu Penelitian ini dilaksanakan bulan Desember 2018 hingga Februari 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan guru yang terdiri dari 86 orang siswa dan 14 orang guru yang ada di SLB Negeri Padangsidimpuan. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita tingkat SD yang mampu bicara, yaitu 13 orang dan 2 guru. Secara umum penelitian ini menunjukkan hasil dari metode calistung (membaca, menulis dan berhitung) bagi siswa tunagrahita melalui ekstrakurikuler bernyanyi bahwa melalui ekstrakurikuler bernyanyi ini kemampuan membaca, menulis dan berhitung siswa tunagrahita semakin meningkat setelah dilatih melalui lagu ABCD dan Satu ditambah satu dan kemampuan bernyanyi siswa tunagrahita dapat dikatakan baik, namun masih ada sebagian yang belum bisa bernyanyi dengan ketepatan pelafalan dan ketepatan nada yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MSK 040 |
Keywords: | Calistung, Tunagrahita, Ekstrakurikuler, Bernyanyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:27 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37019 |