PENGEMBANGAN LAS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

Sambas, Masyitoh Ningsih (2019) PENGEMBANGAN LAS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1153311047_ COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1153311047_ COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1153311047_ LEMBAR PENGESAHAN &RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1153311047_ LEMBAR PENGESAHAN &RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1153311047_ ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1153311047_ ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 1153311047_ DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4.NIM 1153311047_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1153311047_ DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1153311047_ DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1153311047_ DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1153311047_ DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1153311047_ DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1153311047_ DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM. 1153311047_ BAB I.pdf]
Preview
Text
9.NIM. 1153311047_ BAB I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1153311047_ BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1153311047_ BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1153311047_ DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1153311047_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LAS (lembar aktivitas siswa)yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Matematika yang berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk memfasilitasi pencapaian kemampuan memecahkan masalah yang layak dipakai dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui kualitas lembar aktivitas siswa (LAS) berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Matematika SD Negeri 101772 Tanjung selamat dan respon siswa terhadap lembar aktivitas siswa (LAS) Matematika berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk memfasilitasi pencapaian kemampuan memecahkan masalah. Kualitas LAS Matematika berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) tergolong dalam kategori baik. Dan respon siswa terhadap LAS ini tergolong dalam kategori sangat tinggi. Setelah menggunakan LAS (lembar Aktivitas Siswa ) Matematika berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) di SD Negeri 101772 Tanjung Selamat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah bisa terfasilitasi terbukti dengan nilai rata-rata hasil evaluasi kemampuan pemecahan masalah lebih besar dari pada nilai KKM yang berlaku di sekolah SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Dalam nilai hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat pada saat Pretest dan Posstest mengalami perbedaan, selain itu ketuntasan belajar pada Pretest dan Posttest juga mengalami perbedaan , hasil pretest menunjukkan jumlah siswa tuntas berjumlah 11 siswa (44%) sedangkan jumlah siswa tuntas pada Posttest berjumlah 23 siswa (92%). Perhitungan nilai tersebut sesuai dengan KKM (kriteria ketuntasan Minimal) yang dipatok pada Mata Pelajaran Matematika untuk kelas V Pada SD yang saya teliti, bahwa siswa dianggap tuntas belajar jika mampu menyelesaikan soal mencapai ≥75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan produk LAS berbasis CTL baik secara individual maupun klasikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 PGSD 267
Keywords: CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:27
Last Modified: 10 Mar 2020 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37018

Actions (login required)

View Item
View Item