FITRIANI, GITA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN (STUDI KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3153111014 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 3153111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM. 3153111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM. 3153111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. NIM. 3153111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 3153111014 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3153111014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 3153111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 3153111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 3153111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM. 3153111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PPKN di sekolah SMP Negeri 35 Medan khususnya pada kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi secara langsung ke SMP Negeri 35 Medan dengan cara menyebarkan angket. Jumlah populasi dari penelitian ini yaitu pada kelas VIII yang berjumlah 283 orang. Sampel yang akan diambil dalam penelitian ini sebanyak 42 orang yaitu 15% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak (Random Sampling). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara observasi, penyebaran angket, wawancara, dokumentasi. Selanjutnya untuk mengukur dan mengetahui hubungan antara variabel x dan y, digunakan rumus korelasi product moment dari data angket/kuesioner. Berdasarkan hasil pengamatan dapat dibuktikan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PPKn siswa, hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan koefisien korelasi bahwa rhitung adalah sebesar 0,419 sedangkan rtabel pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (42-2 = 40) pada taraf 5% adalah dengan demikian harga rhitung > rtabel yaitu 0,419 > 0,3044 sehingga koefisien korelasi Variabel X dan Variabel Y adalah signifikan. Daftar distribusi t, untuk dk=40 diperoleh harga ttabel = 2,021 pada α = 0,05 atau taraf signifikan 5% dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel maka diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 3,210 > 2,021. Berdasarkan hasil pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis kerja (Ha) pada penelitian ini “ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PPKn (Studi Kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2018-2019), diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PKN 141 |
Keywords: | Model Pembelajaran Ctl,Hasil Belajar Ppkn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36940 |