GINTING, HESRON (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS GENRE UNTUK SISWA KELAS X SMK BRIGJEND KATAMSO MEDAN. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 8156192039 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 8156192039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
3. NIM 8156192039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. NIM 8156192039 FREFACE .pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM 8156192039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 8156192039 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM 8156192039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 8156192039 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM 8156192039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
10. NIM 8156192039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
14. NIM 8156192039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
15. NIM 8156192039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis genre untuk siswa kelas X SMK merupakan penelitian R&D. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan, kelayakan, dan efektivitas bahan ajar tersebut. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan teori Brog dan Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu: (1) pengumpulan informasi, (2) pengembangan produk, (3) uji validasi, (4) revisi, dan (5) uji coba. Berdasarkan hasil kelayakan bahan ajar yang telah dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli desain serta uji coba lapangan diperoleh nilai rata-rata untuk materi 89,11% (sangat baik) dan desain 90,80% (sangat baik) dengan total rata-rata keseluruhan validasi 89,95% (sangat baik). Selanjutnya, uji coba lapangan diperoleh hasil yaitu (1) uji coba perorangan 88,23%, (2) uji coba kelompok kecil 89,32%, dan (3) uji coba kelompok terbatas 90.79%. Efektivitas penggunaan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan pendekatan genre untuk siswa kelas X SMK terdapat pada kegiatan pretest-posttest dan uji gain. Perolehan rata-rata hasil pretest-posttest menulis teks eksposisi adalah 68,70 dan 83,55. Selanjutnya, perolehan hasil uji gain yaitu 3,33% kategori tinggi, 93,34% kategori sedang, dan 3,33% kategori rendah. Berdasarkan hasil perolehan data penelitian dapat disimpulkan pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan pendekatan genre untuk siswa kelas X SMK Brigjend Katamso Medan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | bahan ajar; teks eksposisi; genre |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:23 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36909 |