SARI, RATIKA (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 056008 MARLINTUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153111043_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM.1153111043_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 1153111043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 1153111043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM. 1153111043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM. 1153111043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 1153111043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. NIM. 1153111043_BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
12. NIM. 1153111043_BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
13. NIM. 1153111043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 056008 Marlintung. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan di kelas IV SD Negeri 056008 Marlitung.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dan empat tahapan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SD Negeri 056008 Marlintung yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction materi pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar
pengamatan atau observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa sedangkan lembar pengamatan atau observasi digunakan untuk melihat aktivitas guru dan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Hasil penelitian pada tes awal (Pre Test) diperoleh sebanyak 0 orang siswa (0%) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 26 orang siswa (100%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 36,92.
Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh data sebanyak 15 orang siswa (57,70%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 11 orang siswa (42,30%) belum
mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 61,73. Sedangkan pada siklus II diperoleh data sebanyak 22 orang siswa (84,61%) telah mencapai
ketuntasan belajar dan 4 orang siswa (15,39%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 80.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model
pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan di kelas IV SD Negeri 056008 Marlintung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 276 |
Keywords: | Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Explicit Instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36880 |