ARISTA, NADIA AYU (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK METODE FOCUS GROUP DISCUSSION TERHADAP KEBERANIAN BERTANYA SISWA KELAS VIII-1 SMP SWASTA AMIR HAMZAH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 115215006_COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 1152151006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM. 115215006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 115215006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM. 115215006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 115215006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. NIM. 115215006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 115215006_BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
12. NIM. 1152151006_BAB V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
13. NIM. 1152151006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh bimbingan kelompok metode focus group discussion terhadap keberanian bertanya siswa di kelas VIII-1 SMP SWASTA AMIR HAMZAH Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh bimbingan
kelompok metode focus group discussion terhadap keberanian bertanya siswa di kelas VIII-1 SMP SWASTA AMIR HAMZAH Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksperimen semu atau quasi experiment. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 yang terdiri dari 7 orang siswa, instrumen yang digunakan adalah
angket untuk mengetahui keberanian bertanya siswa. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok metode focus group
discussion. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan Uji Wilcoxon.
Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 8, dengan α = 0,05 dan n = 7 sehingga nilai Jtabel adalah 2 . Dengan demikian dinyatakan bahwa Jhitung > Jtabel dimana 8 > 2. Data pre-test sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok diperoleh skor rata-rata 66,5 termasuk kategori
rendah, sedangkan data post-test setelah pemberian layanan bimbingan kelompok diperoleh skor rata-rata 103,4 termasuk kategori tinggi. Artinya skor rata-rata siswa
setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion lebih tinggi daripada sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok metode
focus group discussion. Perubahan kenaikan interval keberanian bertanya siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion sebesar
55%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh bimbingan kelompok metode focus group discussion pada siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Amir Hamzah Tahun Ajaran 2019/2020 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 077 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Metode Focus Group Discussion; Keberanian Bertanya Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36828 |