SIREGAR, SITI MARHAMAH (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK METODE FOCUS GROUP DISCUSSION TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS-3 SMA NEGERI 1 BILAH HULU T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1151151032_COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 1151151032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 1151151032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM. 1151151032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
5. NIM. 1151151032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 1151151032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM. 1151151032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 1151151032_BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
12. NIM. 1151151032_BAB V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 1151151032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion terhadap tanggung jawab belajar siswa di kelas XI IPS-3 SMA NEGERI 1 BILAH HULU Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion terhadap tanggung jawab belajar siswa di kelas XI IPS-3 SMA NEGERI 1 BILAH HULU Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu atau quasi experiment. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 yang terdiri dari 8 orang siswa, instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tanggung jawab belajar siswa. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok metode focus
group discussion. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan Uji Wilcoxon.
Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 12, dengan α = 0,05 dan n = 8 sehingga nilai Jtabel adalah 4 . Dengan demikian dinyatakan bahwa Jhitung > Jtabel dimana 12 > 4. Data pre-test sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok diperoleh skor rata-rata 65 termasuk kategori
rendah, sedangkan data post-test setelah pemberian layanan bimbingan kelompok diperoleh skor rata-rata 100 termasuk kategori tinggi. Artinya skor rata-rata siswa
setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion lebih tinggi daripada sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion. Perubahan kenaikan interval tanggung
jawab belajar siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion sebesar 53%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan bimbingan kelompok metode focus group discussion pada siswa kelas XI IPS 3
SMA Negeri 1 Bilah Hulu Tahun Ajaran 2019/2020 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 078 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Metode Focus Group Discussion; Tanggung Jawab Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36827 |