RAMADHANI, SILFIA RAHMI (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153351023_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1153351023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. NIM. 1153351023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM. 1153351023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM. 1153351023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1153351023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1153351023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1153351023_BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
12. NIM. 1153351023_BAB V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
13. NIM. 1153351023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI IPA- 7 Semester I SMA Negeri 14 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian menggunakan pre test-post test one group design. Subjek penelitian
adalah siswa kelas XI IPA-7 Semester I sebanyak 10 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon, yaitu untuk melihat adakah pengaruh
signifikan pemberian bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kecerdasan emosional siswa. Hasil perhitungan dari uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Jhitung =15 sedangkan Jtabel = 8. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n =10, α= 0,05. Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu 15>8. Dengan demikian, hipotesis diterima, artinya bimbingan kelompok teknik role playing berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional siswa SMA Negeri 14 Medan tahun ajaran 2019/2020 dapat diterima. Hal ini didukung oleh data awal yang menunjukkan kecerdasan emosinal siswa pada pre-test rata-ratanya sebesar 93,1
sedangkan pada post-test meningkat menjadi 112,7.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 088 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Kecerdasan Emosional |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:18 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36768 |