DAMANIK, DIAN THALIA TYOMANA (2019) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS X BUSANA SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1153151008 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1153151008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
3. NIM. 1153151008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
4. NIM. 1153151008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
5. NIM 1153151008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 1153151008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 1153151008_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 1153151008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 1153151008 BAB I .pdf - Published Version
Download (852kB) | Preview
13. NIM 1153151008 BAB V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM 1153151008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran perencanaan karir siswa kelas X Busana di SMK Negeri 8 Medan, 2) pengaruh layanan penguasaan konten teknik mind mapping terhadap kemampuan perencanaan karir siswa kelas X Busana di SMK Negeri 8 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 orang siswa kelas X Busana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini melalui instrumen kemampuan perencanaan karir yang dibagikan kepada siswa. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksperimen semu (quasi
eksperiment) dengan desain pre-test – post-test one group design. Jumlah item soal yang diberikan berjumlah 26 butir item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Adapun reliabilitas instrumen kemampuan perencanaan karir siswa sebesar 0,84, yang artinya indeks korelasi berada di kategori sangat tinggi. Hasil analisa gambaran perencanaan karir siswa kelas X Busana diperoleh bahwa; 44 orang siswa berada pada kategori tinggi, 110 orang siswa berada pada kategori sedang, dan 26 orang siswa berada pada kategori rendah. Hasil data pre-test kemampuan perencanaan karir siswa diperoleh rata-rata = 48,62 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 76,04. Perubahan peningkatan kemampuan perencanaan karir setelah diberikan layanan sebesar 36,06%. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan α = 0,05, n = 26, diperoleh hasil bahwa nilai Jhitung = 175 sedangkan Jtabel diperoleh = 98. Dengan demikian dapat dikatakan Jhitung > Jtabel dimana 175 > 98. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh
layanan penguasaan konten teknik mind mapping terhadap kemampuan perencanaan karir siswa kelas X Busana SMK Negeri 8 Medan T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 091 |
Keywords: | LAYANAN PENGUASAAN KONTEN, TEKNIK MIND MAPPING, KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712 Developmental psychology H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5381 Vocational guidance. Career devlopment L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC1037 Career education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:16 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36729 |