GINTING, CHRISTINA ANGGRAINI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 NAMORAMBE T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4152111005 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 4152111005 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
3. NIM. 4152111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 4152111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
5. NIM. 4152111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
6. NIM. 4152111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7. NIM. 4152111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 4152111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
9. NIM. 4152111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
13. NIM. 4152111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
14. NIM. 4152111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Talk-Write (TTW) di kelas VIII SMP Negeri 1 Namorambe T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII-6 di SMP Negeri 1 Namorambe yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel dengan model koorperatif tipe Think Talk Write (TTW) di kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Namorambe T.A 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan test kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I di kelas VIII-6 sebanyak 30 orang, terdapat 19 siswa (63,33%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 11 siswa (36,67 %) belum tuntas dengan rata-rata kelas 64,00. Pada siklus II terdapat 29 siswa (96,67%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 1 siswa (3,33%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 83,02. Dengan kata lain, nilai dari ketuntasan klasikal test hasil TKPM I dikelas VIII-6 mengalami peningkatan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatof tipe Think Talk Write (TTW) di SMP Negeri 1 Namorambe dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 188 |
Keywords: | THINK TALK WRITE (TTW), KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 16:26 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 10:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36602 |