PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 NAMORAMBE T.A 2019/2020

GINTING, CHRISTINA ANGGRAINI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 NAMORAMBE T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4152111005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4152111005 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4152111005 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4152111005 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4152111005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4152111005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4152111005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4152111005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4152111005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4152111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4152111005  TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4152111005 TABLES.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4152111005  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4152111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4152111005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4152111005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4152111005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4152111005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (773kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4152111005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4152111005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4152111005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4152111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Talk-Write (TTW) di kelas VIII SMP Negeri 1 Namorambe T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII-6 di SMP Negeri 1 Namorambe yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel dengan model koorperatif tipe Think Talk Write (TTW) di kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Namorambe T.A 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan test kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I di kelas VIII-6 sebanyak 30 orang, terdapat 19 siswa (63,33%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 11 siswa (36,67 %) belum tuntas dengan rata-rata kelas 64,00. Pada siklus II terdapat 29 siswa (96,67%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 1 siswa (3,33%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 83,02. Dengan kata lain, nilai dari ketuntasan klasikal test hasil TKPM I dikelas VIII-6 mengalami peningkatan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatof tipe Think Talk Write (TTW) di SMP Negeri 1 Namorambe dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 188
Keywords: THINK TALK WRITE (TTW), KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Nov 2019 16:26
Last Modified: 20 Jan 2020 10:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36602

Actions (login required)

View Item
View Item