NST, FADHILAH ULFAH (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS PISA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IX MTS NEGERI BINJAI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4151111025 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2. NIM 4151111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
3. NIM 4151111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 4151111025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM 4151111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM 4151111025 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 4151111025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4151111025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4151111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
13. NIM 4151111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM 4151111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kevalidan dan kepraktisan instrumen tes berbasis PISA untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX MTs Negeri Binjai; (2) kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX MTs Negeri Binjai ditinjau dari tingkat PISA pengembangan instrumen tes berbasis PISA. Soal tersebut berbentuk uraian sebanyak 6 butir soal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(Development research) dengan menggunakan tipe pengembangan formative evaluation yang terdiri dari 2 tahap yakni; (1) tahap priliminary yang meliputi self
evaluation dan pendesainan dan (2) tahap prototyping yang meliputi expert reviews, one-to-one, small group dan field test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 MTs Negeri Binjai yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan instrumen
berbasis PISA yang berkualitas dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Hasil validasi ditunjukkan dari validitas isi oleh pakar ahli yang menyatakan “soal dapat digunakan tanpa revisi” dan validitas butir tes dengan setiap butir tes dinyatakan “valid” karena thitung ≥ ttabel pada setiap perhitungan butir tes. Kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik yang tercapai dengan persentase 92,36% dan angket respon guru yang tercapai dengan persentase 100%. Berdasarkan hasil analisis data soal kemampuan berpikir kritis matematis di peroleh rata-rata skor total adalah 37,55. Nilai tersebut menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis matematis termasuk dalam kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 178 |
Keywords: | Instrumen berbasis PISA; Berpikir Kritis Matematis; Formative Evaluation; Ruang dan Bentuk |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36591 |