RAMADHANI, RIFSA (2019) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMP NEGERI 23 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4153111055 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 4153111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3. NIM. 4153111055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM. 4153111055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 4153111055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. NIM. 4153111055 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. NIM. 4153111055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8. NIM. 4153111055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
9. NIM. 4153111055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
13. NIM. 4153111055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM. 4153111055 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika kelas VIII dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa yang layak digunakan dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui kualitas LKS berbasis
pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP Negeri 23 Medan.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang dikembangkan oleh S.Thiagarajan, Dorothy S.Semmel dan Melvyn I.Semmel. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pengembangan LKS ini terdiri atas empat tahap utama yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan yang berjumlah 32 orang dan
objek penelitiannya adalah perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika berbasis pendekatan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan (1) memenuhi kriteria valid ditinjau dari aspek kevalidan dengan skor persentase penilaian LKS yang diberikan oleh para ahli 86,57 dengan kategori sangat valid, (2) memenuhi kriteria praktis ditinjau dari aspek kepraktisan yaitu respon siswa, respon guru, dan keterlaksanaan pembelajaran dengan skor angket respon siswa 4,34 dengan kategori sangat baik, skor angket respon guru 3,58 dengan kategori sangat baik, dan persentase lembar keterlaksanaan pembelajaran 88,57 dengan
kategori sangat baik, (3) memenuhi kriteria efektif ditinjau dari aspek keefektifan dengan persentase ketercapaian indikator telah memenuhi ketuntasan TPK yaitu
75% ≤ TPK ≤ 100%, persentase rata-rata ketuntasan belajar individu 86,75 dengan persentase ketuntasan klasikal tes kemampuan pemahaman konsep 87,50. (4) dampak dari penerapan LKS ini meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep siswa dengan peningkatan sebesar 0,78 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 181 |
Keywords: | pengembangan, LKS, Kontekstual, Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36586 |