Situmeang, Eldi Rona Uly (2019) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DAN PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KKNI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7153143010 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 7153143010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
3. NIM 7153143010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
4. NIM 7153143010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
5. NIM 7153143010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
6. NIM 7153143010 TABLES.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
7. NIM 7153143010 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
8. NIM 7153143010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
9. NIM 7153143010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
13. NIM 7153143010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
14. NIM 7153143010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Penggunaan E-Learning dan Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi UNIMED dengan populasi seluruh mahasiswa Pendidikan Bisnis stambuk 2017 dan sampel berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan aplikasi software SPSS 20 for windows. Teknik analisis data penelitian: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, linear berganda. Uji hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi.
Hasil uji t menunjukkan penggunaan E-Learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan thitung 6,312 > ttabel 1,666, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, penerapan Kurikulum berbasis KKNI memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan thitung 8,749 > ttabel 1,666, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan penggunaan E-Learning dan penerapan Kurikulum berbasis KKNI memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan Fhitung 68,684 > Ftabel 3,10 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan regresi linear berganda diperoleh hasil Y = 43,663 + 0,307 X1 + 0,305 X2 + e dengan koefisien determinasi sebesar 61,2%. Kesimpulan pada penelitian ini ialah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan E-Learning dan penerapan kurikulum berbasis KKNI terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 NIAGA 077 |
Keywords: | E-Learning, Kurikulum Berbasis KKNI, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:55 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36580 |