ARIA, RIZKI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SDN 107399 BANDAR KHALIPAH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1153311070_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1153311070_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM. 1153311070_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4. NIM. 1153311070_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
5. NIM. 1153311070_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
6. NIM. 1153311070_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM. 1153311070_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM. 1153311070_BAB I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13. NIM. 1153311070_BAB V.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
14. NIM. 1153311070_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari masih rendahnya keterampilan membaca siswa di kelas IV B SDN 107399 Bandar Khalipah pada tema Indahnya Kebersamaan sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku. Berdasarkan observasi siswa masih belum lancar dalam hal membaca sehingga membuat siswa sulit memahami bacaan yang ada dan juga membuat siswa cepat merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran yang mengakibatkan sulitnya siswa mengetahui keterampilan membaca yang benar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca siswa di kelas IV B SDN 107399 Bandar Khalipah. Masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari keterampilan membaca siswa kelas IV B SDN 107399 Bandar Khalipah dari sebelum dan sesudah mereka mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test siswa sebelum diberikan perlakuan yaitu 72,6 sedangkan hasil post-test siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) adalah sebesar 88,08. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis secara manual dengan thitung= 59,53 > ttabel= 1,69, maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkann bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap hasil keterampilan membaca siswa kelas IV B SDN 107399 Bandar Khalipah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 229 |
Keywords: | COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), KETERAMPILAN MEMBACA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:33 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36558 |