BR BATUBARA, GIRLADY IRDINTIA (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING TERHADAP KECEMASAN BERBICARA SISWA KELAS VIII-B MTSN 1 TAPANULI TENGAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1151151010_COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. NIM. 1151151010_LEMBAR PERSETUJUAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (958kB) | Preview
3. NIM. 1151151010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. NIM. 1151151010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. NIM. 1151151010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1151151010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1151151010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1151151010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1151151010_ BAB I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM. 1151151010_BAB V.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
14. NIM. 1151151010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Kecemasan Berbicara Siswa Kelas VIII-B MTsN 1 Tapanuli Tengah T.A 2018/2019.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest-posttest one group. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Juli 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-B MTsN 1 Tapanuli Tengah T.A 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII-B MTsN 1 Tapanuli Tengah. Penentu sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Kemudian data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring terhadap kecemasan berbicara siswa. Maka dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) diperoleh nilai rata-rata 96,87, sedangkan skor akhir (post-test) diperoleh rata-rata 75,62. Maka selisih skor rata-rata kecemasan berbicara di depan umum sebesar 21,25 atau sebesar 21,94% artinya sebelum diberi layanan konseling kelompok teknik cognitive retructuring skor rata-rata tinggi dan setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring maka kecemasan berbicara di depan umum pada siswa menjadi menurun. Hal ini digambarkan dengan hasil uji wilcoxon yang dilakukan dengan perolehan J_hitung = 15, n = 8, α = 0,05, Jt = 4. Dari data tersebut diperoleh hasil bahwa J_hitung>J_tabel dimana 15 > 4 dengan demikian hipotesis diterima. Ini berarti hipotesis yang berbunyi pengaruh konseling kelompok terhadap kecemasan berbicara siswa kelas VIII-B MTsN 1 Tapanuli Tengah T.A 2018/2019 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 056 |
Keywords: | KONSELING KELOMPOK; COGNITIVE RESTRUCTURING, KECEMASAN BERBICARA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36551 |