SINAGA, ANDRY MARROAN H (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 105292 BANDAR KLIPPA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM.1153111004 Cover_docx.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
02. NIM. 1153111004 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
03. NIM. 1153111004 Abstrak_docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
04. NIM.1153111004 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
05. NIM.1153111004 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
06. NIM.1153111004 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
07. NIM.1153111004 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
08. NIM.1153111004 DAFTAR DIAGRAM_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
09. NIM.1153111004 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
10. NIM.1153111004 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM.1153111004 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
15. NIM.1153111004 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil hasil belajar siswa kelas V SDN 105292. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran open ended pada materi operasi hitung pecahan dengan menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa di kelas V SDN 105292 Bandar Klippa T.A 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran model open ended. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 105292 Bandar Klippa yang berjumlah 24 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 3 orang siswa (12,5%). Setelah pelaksanaan siklus I, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 9 orang siswa (37,5%). Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebih meningkat yaitu sebanyak 21 orang siswa (87,5%). Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model open ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung pecahan dengan menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa kelas V SDN 105292 Bandar Klippa Deli Serdang T. A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 234 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36540 |