INGRAINI, DWI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED DENGAN STRATEGI SMALL GROUP WORK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7151142012 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 7151142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
3. NIM 7151142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM 7151142012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM 7151142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 7151142012 TABLE.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM 7151142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM 7151142012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM 7151142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
13. NIM 7151142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 7151142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Open Ended dengan Strategi Small Group Work.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budisatrya Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Problem Open Ended dengan Strategi Small Group Work. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa diperoleh hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 11 orang siswa (42,30%) yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kriteria aktif meningkat menjadi 21 orang siswa (80,77%). Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test 62,92 dengan siswa yang tuntas 6 siswa (23,07%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 75,81 dengan siswa tuntas 17 siswa (65,39%) dan meningkat di hasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata 81,54 dengan siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (80,77%).
Dari hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 5,156, sedangkan ttabel sebesar 1,708 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05. Sehingga thitung > ttabel (5,156 > 1,708) artinya hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Open Ended dengan Strategi Small Group Work dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Tahap Pencatatan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa di Kelas XI SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 159 |
Keywords: | Aktivitas; Hasil Belajar Akuntansi; Penerapan Model Pembelajaran Problem Open Ended dengan strategi Small Group Work |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36492 |