SARAGIH, VINENSIA CECILIA (2019) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMEMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESETA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121073 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 4151121073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. NIM. 4151121073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM. 4151121073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 4151121073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
6. NIM. 4151121073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM. 4151121073 TABLES.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
8. NIM. 4151121073 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
9. NIM. 4151121073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM. 4151121073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 4151121073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbasis Macromedia Flash efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik di SMA Negeri 7 Medan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari dua kelas. Sampel terdiri dari 30 orang yaitu siswa kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling.
Berdasarkan indikator efektifitas diperoleh ketuntasan belajar siswa secara individual, terdapat 28 siswa yang tuntas dalam belajar yang memperoleh ≥ 70, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah sebesar 93,33% dan persentase aktivitas belejar siswa diperoleh 30 siswa dengan aktivitas belajar sangat baik, sedangkan interpretasi gain ternormalisasi adalah 0,6490 atau 64,90% terdapat dalam kategori 0,3 <rata-rata gain ternormalisasi<0,7 maka dapat dinyatakan bahwa efektifitas model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbasis Macromedia Flash, termasuk dalam kategori sedang. Sehingga diharapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbasis Macromedia Flash dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 232 |
Keywords: | KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS MACROMERDIA FLASH, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DAN AKTIVITAS BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:21 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36449 |