EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMEMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESETA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2018/2019

SARAGIH, VINENSIA CECILIA (2019) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMEMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESETA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151121073 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151121073 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151121073 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151121073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151121073 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151121073 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151121073 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151121073 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151121073 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151121073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4151121073 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4151121073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4151121073 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4151121073 TABLES.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4151121073 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4151121073 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151121073 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151121073 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151121073 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151121073 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151121073 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151121073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbasis Macromedia Flash efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik di SMA Negeri 7 Medan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari dua kelas. Sampel terdiri dari 30 orang yaitu siswa kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling.
Berdasarkan indikator efektifitas diperoleh ketuntasan belajar siswa secara individual, terdapat 28 siswa yang tuntas dalam belajar yang memperoleh ≥ 70, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah sebesar 93,33% dan persentase aktivitas belejar siswa diperoleh 30 siswa dengan aktivitas belajar sangat baik, sedangkan interpretasi gain ternormalisasi adalah 0,6490 atau 64,90% terdapat dalam kategori 0,3 <rata-rata gain ternormalisasi<0,7 maka dapat dinyatakan bahwa efektifitas model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbasis Macromedia Flash, termasuk dalam kategori sedang. Sehingga diharapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbasis Macromedia Flash dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep fisika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 232
Keywords: KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS MACROMERDIA FLASH, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DAN AKTIVITAS BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:21
Last Modified: 20 Apr 2020 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36449

Actions (login required)

View Item
View Item