SIAHAAN, ARMELIA (2019) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PEMBERIAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7153142004 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 7153142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM 7153142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 7153142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM 7153142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM 7153142004 TABLE .pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7. NIM 7153142004 ILLUSTRATIONS .pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
8. NIM 7153142004 APPENDIXES .pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
9. NIM 7153142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
13. NIM 7153142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 7153142004 CHAPTER BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK PAB 2 Helvetia Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak dengan menerapkan model Contextual Teaching And Learning dengan pemberian handout.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia Medan yang beralamat di Jalan Veteran Pasar IV Helvetia, Medan Helvetia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak dengan jumlah 36 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan model Contextual Teaching And Learning dengan pemberian handout dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Masing – masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes soal akuntansi untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil analisis diperoleh hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I yaitu mencapai 59% yaitu termasuk kriteria Cukup Aktif sebanyak 12 siswa (10 siswa aktif dan 2 siswa sangat aktif), meningkat pada siklus II yaitu mencapai 75% yaitu termasuk kriteria Aktif sebanyak 28 siswa (20 siswa aktif dan 8 siswa sangat aktif). Hal ini memenuhi kriteria penilaian yaitu 27 siswa (75%) memperoleh skor ≥19 atau 67,8%. Hasil belajar di sikllus I terdapat 61% (22 siswa) yang mencapai skor standar yang telah ditentukan dengan nilai rata – rata 74,03. Pada siklus II menunjukkan ada peningkatan yaitu terdapat 89% (32 siswa) yang tuntas dengan nilai rata – rata 82,64. Karena aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus II sudah meningkat dan mencapai indikator keberhasilan ini tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya.
Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan pemberian handout di kelas XI Ak SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2019/2020 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 174 |
Keywords: | AKTIVITAS,HASIL BELAJAR, MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PEMBERIAN HANDOUT |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36423 |