KABAN, ARIF PURWANTO (2019) HUBUNGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152141002 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 4152141002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM 4152141002 ASBTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM 4152141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM 4152141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 4152141002 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4152141002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4152141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
13. NIM 4152141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 4152141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar dan seberapa besar kontribusi keterampilan metakognitif dengan hasil belajar pada materi Keanekaragaman Hayati kelas X SMA Negeri 7 Medan. Populasi yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 7 Medan berjumlah 7 kelas sebanyak 251 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara sampel acak (random sampling) sebanyak 36 orang. Sumber data dari penelitian ini berupa soal tes hasil belajar dan soal tes keterampilan metakognitif. Langkah-langkah yang dilakukan untuk memperoleh data yakni dengan memberikan tes keterampilan metakognitif dan tes hasil belajar kepada siswa, kemudian dihitung skornya baru diberikan nilai. Kondisi diawal penelitian, siswa tampak kurang antusias. Ketika pembelajaran berlangsung, siswa terlihat mulai aktif mengikuti pembelajaran. Namun diakhir ketika soal tes dibagikan, banyak siswa yang didapati mencontek hasil temannya. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan metakognitif adalah 46,67 dan nilai rata-rata hasil belajar adalah 53,33. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar yang dibuktikan dari hasil thitung ˃ ttabel yaitu 2,373 ˃ 2,03224. Untuk besarnya kontribusi keterampilan metakognitif dengan hasil belajar yang dihitung melalui Uji Determinasi yakni sebesar 14,213 % sedangkan 85,79% lagi ditentukan variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 207 |
Keywords: | KETERAMPILAN METAKOGNITIF; HASIL BELAJAR; HUBUNGAN; KONTRIBUSI; KEANEKARAGAMAN HAYATI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36417 |