MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDI KASUS DI KELAS V SD NEGERI 106811 BANDAR SETIA TEMA I ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA T.A 2019/2020

Fransiska, Harianti (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDI KASUS DI KELAS V SD NEGERI 106811 BANDAR SETIA TEMA I ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1153311030 _ COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1153311030 _ COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1153311030 _LEMBAR PERSETUJUAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1153311030 _LEMBAR PERSETUJUAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1153311030_ ABSTARK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1153311030_ ABSTARK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1153311030 _KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1153311030 _KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1153311030_ DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1153311030_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1153311030_ DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1153311030_ DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1153311030 _DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1153311030 _DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1153311030 _BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1153311030 _BAB I.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1153311030 _BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1153311030 _BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V pada pembelajaran tematik, dengan menggunakan metode studi kasus. Desain PTK dalam penelitian ini menggunakan model Arikunto yang meliputi empat alur (langkah), yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan , (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia pada bulan Mei-Agustus. Teknik pengambilan data dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa metode pembelajaran studi kasus dalam pembelajaran tematik tema 1 sudah terlaksanan dengan baik. Pada siklus I nilai keterlaksanaan pembelajaran guru adalah 70 atau masuk kategori cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi 91,6 atau masuk kategori amat baik. Penerapan metode pembelajaran studi kasus ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Nilai rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kondisi awal sekitar 2,82 atau masuk dengan kategori baik (B), meningkat pada siklus I menjadi 3,05 dengan kategori baik (B), meningkat lagi pada siklus II menjadi 3,55 dengan kategori sangat baik (SB). Kriteria ketuntasan nilai keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran tematik tema 1 ini mengacu Permendikbud No. 104, yaitu 2,51 atau masuk kategori baik. Persentase jumlah siswa yang memperoleh ketuntasan dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kondisi awal sebanyak 66,66%, meningkat pada siklus I menjadi 73,33%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 PGSD 242
Keywords: Berpikir Tingkat Tinggi, Metode Studi Kasus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:19
Last Modified: 22 Jun 2020 03:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36400

Actions (login required)

View Item
View Item