POHAN, YULIANA RIZKY (2019) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN PROMOSI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7153141053 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. NIM. 7153141053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
3. NIM. 7153141053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
4. NIM. 7153141053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 7153141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM. 7153141053 TABLES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM. 7153141053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7153141053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 7153141053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
13. NIM. 7153141053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
14. NIM. 7153141053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi dan promosi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri medan angkatan 2015 yang terdiri dari 759. Sampel penelitian berjumlah 262 mahasiswa ditentukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, test dan dokumentasi. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolinieritas dan Uji Homogenitas. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dan unutk menguji hipotesis digunakan rumus Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R2).
Berdasarkan hasil analisi data mengunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y’ = 41.975+ (-0.086)X1 + 0,622X2. Analisi uji t untuk variabel literasi ekonomi (X1) diperoleh thitung>ttabel (-3.538>1.65078.), dengan nilai sig α < 0,05 (0,000 < 0,05). Hal ini berarti Literasi Ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y). untuk variabel promosi (X2) diperoleh thitung > ttabel (16.620>1.65078), dengan nilai sig α < 0,05 (0,000 < 0,05). Hal ini berarti promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y). Selanjutnya Uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara Fhitung dengan Ftabel. Berdasarkan uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (177.779 > 3.04), dengan nilai sig α < 0,05 (0,000 < 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa literasi ekonomi (X1) dan promosi (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y). Dari analisi tersebut dapat disimpulkan bahwa hipoteisis yang berbunyi Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Promosi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonom Universitas Negeri Medan Angkatan 2015 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 105 |
Keywords: | literasi ekonomi; promosi; perilaku konsumtif |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:19 |
Last Modified: | 13 May 2020 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36388 |