Aritonang, Nurhamidah (2019) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7151141028 COVER.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2. NIM 7151141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM 7151141028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4. NIM 7151141028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM 7151141028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
6. NIM 7151141028 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 7151141028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM 7151141028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
9. NIM 7151141028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
13. NIM 7151141028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM 7151141028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan pada mata pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa Kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.Waktu penelitian yaitu pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan berjumlah 83 orang dan sampel sebanyak 69 orang yang diambil dengan Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji-t) dan secara simultan (uji-F) serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum dilakukan uji analisis data maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas.
Hasil analisis regresi linear berganda, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan oleh persamaan Y = 29.662 + 0.211 X1+ 0.435 X2+e. Hasil pengujian hipotesis pada disiplin belajar siswa diperoleh thitung (2.396) > ttabel (1,667) pada taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian hipotesis diterima, pada motivasi belajar diperoleh thitung (4.733) >ttabel (1.667), dengan demikian sehingga hipotesis diterima. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi, hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung (59,354) > Ftabel (3.14). Koefisien determinasi diperoleh 0,643 yang menjelaskan pengaruh variabel disiplin belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa sebesar 64,3%, sedangkan 35,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 107 |
Keywords: | DISIPLIN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR SISWA, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:18 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36381 |