PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKT-2 SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

PURBA, HARTINA MARLASROHA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKT-2 SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7153142008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7153142008 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7153142008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7153142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7153142008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7153142008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7153142008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7153142008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7153142008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7153142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7153142008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7153142008 TABLES.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7153142008 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7153142008 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7153142008 APPENDIXES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7153142008 APPENDIXES.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7153142008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7153142008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 7153142008 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10. NIM 7153142008 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 7153142008 CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
11. NIM 7153142008 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 7153142008 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM 7153142008 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (880kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7153142008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7153142008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7153142008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7153142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 7153142008 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM 7153142008 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan Model pembelajaran Peer Tutoring dengan Strategi Everyone is A Teacher Here di kelas XI AK SMK Swasta Tunas Karya Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Karya yang beralamat di Jalan Batang Kuis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan Model pembelajaran Peer Tutoring dengan Strategi Everyone is A Teacher Here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi aktivitas.Teknik analisis data terdiri dari analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 46,66% siswa yang memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 68,33 akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II yaitu 80% siswa yang memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 80,03 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti pada siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh hasil 43,33% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 83,33% siswa masuk dalam kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Model pembelajaran Peer Tutoring dengan Strategi Everyone is A Teacher Here pada materi Kas Kecil dana Tetap dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK SWasta Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/20120.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 AKT 181
Keywords: PEER TUTORING, EVERYONE IS A TEACHER HERE, AKTIVITAS, HASIL BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:15
Last Modified: 30 Sep 2021 05:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36356

Actions (login required)

View Item
View Item