PURBA, HARTINA MARLASROHA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKT-2 SMK SWASTA TUNAS KARYA BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7153142008 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM 7153142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
3. NIM 7153142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM 7153142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM 7153142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7153142008 TABLES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM 7153142008 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM 7153142008 APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
9. NIM 7153142008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
10. NIM 7153142008 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
11. NIM 7153142008 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
12. NIM 7153142008 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (880kB) | Preview
13. NIM 7153142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 7153142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
15. NIM 7153142008 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan Model pembelajaran Peer Tutoring dengan Strategi Everyone is A Teacher Here di kelas XI AK SMK Swasta Tunas Karya Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Karya yang beralamat di Jalan Batang Kuis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan Model pembelajaran Peer Tutoring dengan Strategi Everyone is A Teacher Here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi aktivitas.Teknik analisis data terdiri dari analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 46,66% siswa yang memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 68,33 akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II yaitu 80% siswa yang memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 80,03 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti pada siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh hasil 43,33% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 83,33% siswa masuk dalam kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Model pembelajaran Peer Tutoring dengan Strategi Everyone is A Teacher Here pada materi Kas Kecil dana Tetap dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK SWasta Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/20120.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 181 |
Keywords: | PEER TUTORING, EVERYONE IS A TEACHER HERE, AKTIVITAS, HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:15 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36356 |