Azmi, Fachrun (2019) PENGARUH KOMPETENSI GURU, MOTIVASI BELAJAR SISWA, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7153141013 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 7153141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
3. NIM. 7153141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM. 7153141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM. 7153141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 7153141013 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 7153141013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7153141013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 7153141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
13. NIM. 7153141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
14. NIM. 7153141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa ekonomi,pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa ekonomi,pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa ekonomi, pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa ekonomi.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 15 Medan T.A 2018/2019 berjumlah 99 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi untuk memperoleh data prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini dari persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 19,956 + 0,189 X1 + 0,193 X2.+ 0,358 X3. Jika dilihat dari thitung maka terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi, dengan nilai t_hitung>t_tabel (2,042>1,985), terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa ekonomi, nilai t_hitung>t_tabel(2,199>1,985), terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai t_hitung>t_tabel (3,448>1,985), dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi, dengan nilai F_hitung>F_tabel (48,323>2,70) dan nilai (R^2) sebesar 0,604, yang artinya variabel X1, X2, dan X3,mempengaruhi prestasi belajar siswa sebanyak 60,4%, sisanya sebanyak 39,6% dipengaruhi faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 112 |
Keywords: | Kompetensi guru;Motivasi belajar;Lingkungan keluarga;Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:14 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36346 |