SIAHAAN, ELVINI IGNATIA PRICILLIA (2019) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP PARULIAN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153111018 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 4153111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 4153111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 4153111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 4153111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM. 4153111018 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 4153111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 4153111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
13. NIM. 4153111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 4153111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Parulian 2 Medan. Sampel yang digunakan sebanyak satu kelas yang terdiri dari 30 siswa dan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model Quantum Teaching dengan metode diskusi. Hasil analisis data pada pretest kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata sebesar 36. Sedangkan hasil analisis data pada posttest kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan rata-rata sebesar 81. Berdasarkan uji t yang dilakukan, diperoleh thitung > ttabel yaitu 11,8110 > 1,6991 yang berarti terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model Quantum Teaching dengan metode diskusi. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata gain kelas yaitu 0,69 artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa tergolong dalam kriteria sedang.
Dari hasil temuan peneliti tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Parulian 2 Medan dengan menerapkan model Quantum Teaching dengan metode diskusi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 165 |
Keywords: | Model Quantum Teaching; Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 10:29 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36230 |