Sitompul, Juni Triana (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156122016 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8156122016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
3. NIM 8156122016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM 8156122016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM 8156122016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 8156122016 TABLES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM 8156122016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM 8156122016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8156122016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
13. NIM 8156122016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
14. NIM 8156122016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hasil belajar IPA peserta
didik yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran CLIL dan hasil
belajar IPA peserta didik yang dibelajarkan dengan Pendekatan Pembelajaran Langsung, (2)
Bagaimana hasil belajar IPA antara peserta didik dengan tingkat minat belajar tinggi dan
hasil belajar peserta didik dengan Minat belajar rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara
pendekatan Pembelajaran dan Minat Belajar dalam memengaruhi hasil belajar IPA.
Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Medan yang terdiri dari SMP Swasta Kingston
School Medan, dan SMP Swasta Singapore School Medan. Sedangkan populasi untuk siswa
sebanyak 292 siswa. Sampel Sekolah untuk penelitian adalah SMP Swasta Kingston School
SMP Swasta Singapore School Medan. Penelitian diletakkan pada kelas VIII Tahun Pelajaran
2018/2019. Untuk sampel penelitian adalah 67 siswa, yaitu 34 siswa diajarkan dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran CLIL, dan 33 siswa diajarkan dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran Langsung. Metode penelitian dengan menggunakan quasi
eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, Teknik analisis data yang digunakan adalah
ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan Uji Sccheffe.
Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan
menggunakan pendekatan PembelajaranCLIL lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil
belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Langsung,
hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitumg > Ftabel. dengan nilai Fhitung 12,42> Ftabel 3,94; (2) hasil
belajar IPA siswa yang memiliki Minat Belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar
siswa yang memiliki Minat Belajar rendah dengan nilai Fhitung = 11,56> Ftabel = 3,94; (3)
terdapat interaksi antara pendekatan Pembelajaran dan Minat Belajar dalam memengaruhi
hasil belajar IPA dengan nilai Fhitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari Ftabel (Fhitung =
19,67> Ftabel = 3,94) pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendekatan Pembelajaran CLIL lebih baik
dari pada Pendekatan Pembelajaran Langsung dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Siswa yang memiliki Minat Belajar tinggi memperoleh hasil belajar IPA lebih tinggi daripada
siswa yang memiliki Minat Belajar rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Sit p |
Keywords: | pendekatan pembelajaran CLIL, langsung, IPA dan minat belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 08:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36149 |