Pratama, Reziono (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP SWASTA SALSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172051 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8166172051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8166172051 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM. 8166172051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
5. NIM. 8166172051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM. 8166172051 TABLES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7. NIM. 8166172051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
8. NIM. 8166172051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8166172051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM. 8166172051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan
perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis,
dan efektif, secara khusus bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk pengembangan
perangkat pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif dalam
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemandirian belajar
siswa; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik
siswa dalam penerapan perangkat pembelajaran berbasis masalah; 3) Menganalisis
tingkat kemandirian belajar siswa dalam penerapan perangkat pembelajaran berbasis
berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan prangkat pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Validitas produk; a) Buku siswa meliputi aspek kelayakan format, bahasa, isi dengan
skor total 4,43 dan berada dalam kategori “Valid; b) LAS dengan skor 4,40 berada
dalam kategori “Valid”; c) Tes kemampuan pemecahan masalah matematik berada
dalam kategori valid; d) Angket kemandirian belajar berada dalam kategori valid. (2)
Analisis kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran berbasis masalah
yang dikembangkan dari dua aspek, yaitu: a) penilaian ahli/praktisi perangkat
pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat digunakan dengan
sedikit revisi atau tanpa revisi; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat
pembelajaran di kelas termasuk dalam kategori minimal tinggi. Rata-rata nilai
pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran pada uji coba 1 adalah 3,26.
Rata-rata nilai pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran pada uji coba 2
adalah 3,5. (3) kefektifan produk: a) Ketuntasan belajar siswa dari hasil uji coba 1
sebesar 71 % sedangkan untuk uji coba 2 sebesar 86%, dengan demikian nilai
ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebanyak 15%; b) Aktivitas siswa
menunjukkan seluruh kategori aktivitas siswa (6 kategori) telah berada pada interval
toleransi waktu ideal yang ditetapkan; c) respon positif siswa sebesar 85,7%.
Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang sulit
ditingkatkan terletak pada indikator memeriksa kembali proses dan hasil sebesar 0,11 .
Peningkatan kemandirian belajar tertinggi terdapat pada indikator mengulang
tugas/tes sebelumnya yaitu sebesar 1,04
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Pra p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran, model 4-D, pembelajaran berbasis masalah, pemecahan masalah matematik, kemandirian belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 05:00 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36144 |