Amalia, Poppy (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMK SWASTA AR-RAHMAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172049 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8166172049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
3. NIM 8166172049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM 8166172049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM 8166172049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM 8166172049 TABLES.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
7. NIM 8166172049 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8166172049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166172049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. NIM 8166172049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem
Based Learning yang berkualitas pada materi Program Linear di kelas XI SMK Swasta ArRahman Medan; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Problem
Based Learning; 3) Menganalisis peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan
perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Problem Based Learning; 4)
Menganalisis kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan
masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan
menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Uji coba perangkat pembelajaran
berbasis Problem Based Learning dilakukan sebanyak tiga kali untuk memperoleh perangkat
yang berkualitas. Uji coba pertama dilakukan di kelas XI TKJ 1, uji coba kedua dilakukan di
kelas XI TKJ 2 dan tahap penyebaran di kelas XI AK. Dari hasil penelitian diperoleh: 1)
Perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang dibelajarkan berkualitas baik
pada saat tahap penyebaran; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematika yang
dibelajarkan dengan menggunakan perangkat Problem Based Learning meningkat pada tahap
penyebaran; 3) Self-efficacy matematika siswa yang dibelajarkan dengan perangkat Problem
Based Learning meningkat pada tahap penyebaran; 4) Ditinjau dari Newman Error Analysis,
kesalahan siswa terjadi dikarenakan siswa tidak dapat menyerap informasi dengan baik,
kurang telitinya siswa dalam pengoperasian perhitungan, kurang terlatihnya siswa dalam
melakukan proses penyelesaian secara terurut dan kurangnya ketidakpercayaan diri siswa
akan kemampuan yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 51.71 Ama p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran, model 4-D, Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah matematika, self-efficacy matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 04:54 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36143 |