Sirait, Juara Adi Saputra (2013) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA BERBASIS EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8116176009 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
2. NIM. 8116176009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
3. NIM. 8116176009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 8116176009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM. 8116176009 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 8116176009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
10. NIM. 8116176009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
11. NIM. 8116176009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan
masalah fisika yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Solving dan Direct Instruction.
(2) Mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki sikap
ilmiah tinggi dan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. (3) Mengetahui apakah ada interaksi
model pembelajaran (Problem Solving dan Direct Instruction) terhadap sikap ilmiah siswa untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi
eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Swasta Methodist 8 Medan. Pemilihan
sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrument yang digunakan terdiri dari:
(1) sikap ilmiah siswa melalui observasi dengan jumlah 6 item. (2) tes kemampuan pemecahan
masalah dalam bentuk uraian sebanyak 7 soal. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan
m,enggunakan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan
pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Solving
lebih tinggi dibandingkan dengan Direct Instruction. (2) sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan
menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dibandingkan dengan Direct
Instruction. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Solving dan Direct
Instruction dengan kemampuan pemecahan masalah siswa untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.285 Sir a |
Keywords: | Model Pembelajaran; Metode Ekperimen; Sikap ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LT Textbooks Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 08:51 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36129 |