ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA BERBASIS EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING

Sirait, Juara Adi Saputra (2013) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA BERBASIS EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8116176009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8116176009 COVER.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8116176009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8116176009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8116176009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8116176009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8116176009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8116176009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8116176009 TABLE OF CONTENT .pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8116176009 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8116176009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8116176009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 8116176009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 8116176009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 8116176009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 8116176009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan
masalah fisika yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Solving dan Direct Instruction.
(2) Mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki sikap
ilmiah tinggi dan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. (3) Mengetahui apakah ada interaksi
model pembelajaran (Problem Solving dan Direct Instruction) terhadap sikap ilmiah siswa untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi
eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Swasta Methodist 8 Medan. Pemilihan
sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrument yang digunakan terdiri dari:
(1) sikap ilmiah siswa melalui observasi dengan jumlah 6 item. (2) tes kemampuan pemecahan
masalah dalam bentuk uraian sebanyak 7 soal. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan
m,enggunakan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan
pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Solving
lebih tinggi dibandingkan dengan Direct Instruction. (2) sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan
menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dibandingkan dengan Direct
Instruction. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Solving dan Direct
Instruction dengan kemampuan pemecahan masalah siswa untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.285 Sir a
Keywords: Model Pembelajaran; Metode Ekperimen; Sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LT Textbooks
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:51
Last Modified: 24 Sep 2019 08:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36129

Actions (login required)

View Item
View Item