Ginting, Januarita (2019) PENGEMBANGAN TES PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166176009 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2. NIM 8166176009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8166176009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM 8166176009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
5. NIM 8166176009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
6. NIM 8166176009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 8166176009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
8. NIM 8166176009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
9. NIM 8166176009 BAB I.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
13. NIM 8166176009 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM 8166176009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan tes objektif pengetahuan
konseptual materi fisika Suhu dan Kalor di SMA yang memenuhi syarat
kualifikasi baik (tes standar) meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran,
daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Developmental Research), dengan menggunakan metode
penelitian pengembangan model Borg dan Gall. Teknik analisis data yang
digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ditinjau dari analisis
kualitatif, kualitas soal tes pengetahuan konseptual adalah sangat baik dengan
persentase keidealan 93%. Ditinjau dari analisis kuantitatif, kualitas soal tes
pengetahuan konseptual adalah baik. Analisis dari 75 butir soal tes pengetahuan
konseptual pada uji kelompok kecil, diperoleh 72 butir soal yang diterima dan 3
butir soal ditolak. Pada uji kelompok besar diperoleh: (1) 68 butir valid (94,4%)
dan 4 butir tidak valid (5,6%). (2) Soal memiliki reliabilitas baik yaitu 0,950. (3)
Berdasarkan taraf kesukaran, 3 soal mudah (4,2%), 63 soal sedang (87,5%), dan 6
soal sulit (8,3%). (4) Berdasarkan daya pembeda, 39 soal termasuk kategori baik
sekali (54,2%), 28 soal termasuk kategori baik (38,8%), 3 soal termasuk kategori
cukup (4,2%) dan 2 soal termasuk kategori jelek (2,8%). (5) Berdasarkan
keefektifan pengecoh, terdapat 68 soal efektif (94,4%) dan 4 soal tidak efektif
(5,6%). Sehingga diperoleh butir soal tes pengetahuan konseptual yang berkualitas
baik sebanyak 65 soal diterima (90,2%), 3 soal direvisi (4,2%) dan 4 soal ditolak
(5,6%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 536.5 Gin p |
Keywords: | Tes Pengetahuan Konseptual, Suhu dan Kalor, Validitas, Reliabilitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 08:43 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36128 |