Anggreini, Tria (2019) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176176020 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 8176176020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
3. NIM. 8176176020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM. 8176176020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM. 8176176020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 8176176020 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8176176020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8176176020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
12. NIM. 8176176020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM. 8176176020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh keterampilan
proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran scientific
inquiry menggunakan mind mapping dan yang diajarkan dengan pembelajaran
konvensional, (2) pengaruh keterampilan proses sains yang memiliki kemampuan
berpikir kreatif dengan model scientific inquiry menggunakan mind mapping dan
yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan pembelajaran konvensional,
(3) interaksi model scientific inquiry menggunakan mind mapping dengan
kemampuan berpikir kreatif siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains.
Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen ini dilakukan pada siswa kelas
VIII pada mata pelajaran IPA SMP Swasta Tunas Harapan Sayurmatinggi sebagai
populasi dan terpilih dua kelas secara cluster random sampling. Instrumen yang
digunakan adalah tes uraian berbasis keterampilan proses sains dan kemampuan
berpikir kreatif yang telah divalidasi oleh dua orang ahli. Data yang dihasilkan
dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1)
keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran scientific
inquiry menggunakan mind mapping lebih baik daripada pembelajaran
konvensional, (2) keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan
berpikir kreatif di atas rata-rata lebih baik daripada siswa dengan kemampuan
berpikir kreatif di bawah rata-rata, (3) terdapat interaksi model pembelajaran
scientific inquiry menggunakan mind mapping dan kemampuan berpikir kreatif
terhadap keteampilan proses sains, dimana interaksi pada kelompok siswa dengan
kemampuan berpikir kreatif di atas rata-rata lebih baik daripada siswa dengan
kemampuan berpikir kreatif di bawah rata-rata
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.41 Ang e |
Keywords: | scientific inquiry, kemampuan berpikir kreatif, keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 08:19 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36125 |