Nurvita (2019) ANALISIS KESULITAN METAKOGNISI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMP N 1 LAWE BULAN ACEH TENGGARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172029 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 8156172029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
3. NIM. 8156172029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 8156172029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 8156172029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 8156172029 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 8156172029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 8156172029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
12. NIM. 8156172029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
13. NIM. 8156172029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana tingkat kemampuan
metakognisi dan koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw, bagaimana proses jawaban pemecahan masalah
metakognisi dan koneksi matematis siswa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan bagaimana kesulitan siswa memecahkan
masalah metakognisi dan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif, maka pada pelaksanaan penelitian
dilakukan triangulasi data untuk mendapatkan keabsahan hasil
penelitian.Untukmenjawabpertanyaanpenelitianmakadilakukananalisis data
terhadaphasilpenelitianberdasarkanprosedurpenelitiankualitatifmenggunakan.
Model Miles and Hubermanmencakupkoleksi data (data collection), reduksi data
(data reduction), penyajian data (data display), danpenyimpulan
(conclusion).Tingkat kemampuan metakognisi dari 38 orang siswa dengan
kemampuan metakognisi siswa sangat rendah sebanyak 13%, kemampuan rendah
sebanyak 37%, kemampuan sedang sebanyak 18% dan kemampuan tinggi
sebanyak 32%. Tingkat kemampuan koneksi matematis siswa dari 38 orang
dengankemampuan ‘sangat rendah’ sebanyak 16%, kemampuan rendah sebanyak
39%, kemampuan sedang sebanyak 29% dan kemampuan tinggi sebanyak
16%.Setelah proses jawaban siswa dideskripsikan maka disimpulkan pada proses
jawaban metakognisi dan koneksi matematis siswa berkaitan dengan objek
matematika dan berkenaan dengan proses jawaban pemecahan masalah
metakognisi dan koneksi matematis tidak terjadi pertentangan dengan kesepakatan
yang telah ada dalam matematika baik fakta, konsep, prinsip maupun prosedur.
Analisiskesulitanmetakognisidankoneksimatematissiswadalampenelitianiniadalah
pada analisis kesulitan metakognisi siswa, siswatidak dapat menuliskanapa yang
diketahuipadapermasalahan , siswajuga tidak dapatmenerapkaninformasi yang
diperolehdalamkonsep yang telahdipikirkannya, siswa tidak dapat menentukan
langkah awal yang harus dilakukan dalam memecahkan masalah, siswa tidak
dapat menyelesaikan soal dengan benar. Pada analisis kesulitan koneksi
matematis siswa, siswa tidak dapat menghubungkan informasi dalam soal dengan
materi sebelumnya dengan benar, siswa dapat menghubungkan materi bangun
ruang sisi datar dengan materi pelajaran fisika tetapi belum benar, sisiwa tidak
dapat menghubungkan materi bangun ruang sisi datar dengan materi pelajaran
fisika tetapi belum benar dan siswa tidak mampu menghubungkan masalah
kehidupan nyata pada soal bangun ruang sisi datar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.285 Nur a |
Keywords: | Analisis Kesulitan Metakognisi, Koneksi Matematis Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 04:03 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36113 |