Ernilis (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126172012 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8126172012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM. 8126172012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 8126172012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 8126172012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 8126172012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
7. NIM. 8126172012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (881kB) | Preview
11. NIM. 8126172012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
12. NIM. 8126172012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengembangkan bagaimana efektivitas
dan kepraktisan modul berbasis masalah yang dikembangkan melalui
pembelajaran strategi metakognitif pada kemampuan pemecahan masalah, dan
mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah melalui pembelajaran
strategi metakognitif modul berbasis masalah yang dikembangkan. Penelitian ini
adalah penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan
model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Untuk memperoleh modul
pembelajaran yang efektif dan praktis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15
Medan. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah
memenuhi persyaratan yang valid sehingga dapat diuji efektivitas dan
kepraktisannya. Hasil tes menunjukkan bahwa dari segi efektifitas, modul telah
mampu meningkatkan aktivitas aktif siswa, kemampuan guru dalam pembelajaran
sudah cukup baik, Respon positif siswa dalam belajar dan tujuan pembelajaran
telah tercapai dengan 86,21. % sepenuhnya. Kepraktisan modul juga telah
terpenuhi, hal ini terlihat dari respon positif siswa dalam pembelajaran serta
peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penggunaan modul.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.2 Ern p |
Keywords: | pengembangan modul pembelajaran, strategi metakognitif, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 03:03 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36104 |