Romi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PAUD USIA 4-6 TAHUN DI PAUD KENANGA RAYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156122027 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8156122027 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3. NIM. 8156122027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 8156122027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 8156122027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 8156122027 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM. 8156122027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM. 8156122027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
12. NIM. 8156122027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13. NIM. 8156122027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Media pembelajaran
interaktif tema Binatang pada siswa PAUD Usia 4-6 Tahun di PAUD Kenanga Raya yang
dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran baik, (2) Efektivitas
penggunaan media pembelajaran interaktif tema Binatang pada siswa PAUD Usia 4-6
Tahun di PAUD Kenanga Raya yang dikembangkan efektif digunakan untuk
meningkatkan kreativitas belajar menggambar siswa.
Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian model pengembangan Borg & Gall
((Research & Development)) yang dipadukan dengan Model pembelajaran ASSURE.
Analisis dari penelitian ini adalah angket kebutuhan bagi guru dan siswa, kelayakan media
pembelajaran interaktif yaitu penilaian oleh ahli (validator) dengan menggunakan angket
uji validitas ahli media dan ahli materi, hasil kreativitas belajar siswa, dan penilaian oleh
anak pada uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba operasional dengan
hasil sangat baik. Dari hasil penelitian validator menyatakan dalam kategori sangat layak
sebesar 91.4% dari ahli media, 90.6% dari ahli materi dan 87.9% dari ahli desain
pmbelajaran. Namun ada revisi dari ahli media dan ahli materi berupa penambahan menu
petunjuk penggunaan dan pengurangan beberapa materi yang ada dan pada revisi suara
yang terdapat di media pembelajaran interaktif . Respon siswa PAUD dapat dilihat dari
rekapitulasi hasil kreativitas belajar siswa. Serta hasil kreativitas belajar menggambar dari
penggunaan media interaktif meningkat dan rata-rata nilai kelas eksperimen juga lebih
tinggi dibandingkan kelas kontrol. Simpulan dalam penelitian ini adalah media
pembelajaran interaktif yang dikembangkan penelitian layak digunakan sebagai media
pembelajaran tema binatang untuk kelas siswa PAUD dan Media pembelajaran interaktif
yang digunakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar tema binatang pada siswa
PAUD. Bagi PAUD Kenanga Raya hendaknya penerapan media pembelajaran interaktif
tema Binatang pada siswa PAUD Usia 4-6 Tahun pada mata pelajaran tema binatang
memerlukan kesiapan siswa untuk melaksanakan pembelajaran dengan media baru secara
mandiri sehingga siswa belajar sesuai dengan karakternya masing-masing sehingga dapat
belajar maksimal dan dapat memperoleh hasil belajar maksimal pula. Latihan yang
dikerjakan siswa memberikan feedback bagi siswa untuk mengetahui sejauhmana
keterserapan materi pelajaran yang diperoleh. Perlu diadakan penelitian yang lebih lanjut
tentang pengembangan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kreativitas
belajar tema binatang dengan menggunakan sampel (sekolah PAUD) yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Rom p |
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Model pembelajaran ASSURE, Kreativitas Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 07:20 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36090 |