Fazal., Syahril (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BIREUEN. Masters thesis, UNIMED.
1. Sampul Tesis.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan, Persetujuan dan Plagiat.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan
multimedia interaktif berbasis keterampilan proses yang layak digunakan dalam
pembelajaran IPA, dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari
penggunaan multimedia interaktif berbasis keterampilan proses pada
pembelajaran IPA yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan yang menggunakan model R&D dari Borg and Gall yang
dipadukan dengan model desain instruksional dari Dick and Carey. Metode
penelitian terdiri dari dua tahap yaitu tahap I mengembangkan multimedia
pembelajaran dan tahap II melakukan uji efektifitas produk.
Hasil penelitian dalam tahap pengembangan produk multimedia
pembelajaran menunjukkan bahwa: (1) penilaian ahli materi berada pada kriteria
sangat layak dengan skor rata-rata 4,64, (2) penilaian ahli desain pembelajaran
berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,50, (3) penilaian ahli
media berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,62, (4) penilaian
dari uji coba perorangan berada pada kriteria sangat tinggi dengan skor rata-rata
4,61, (5) penilaian dari uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat tinggi
dengan skor rata-rata 4,70, dan (6) penilaian dari uji coba lapangan terbatas juga
berada pada kriteria sangat tinggi dengan skor rata-rata 4,78.
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis keterampilan
proses dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran
powerpoint. Hal ini disimpulkan dari hasil pengolahan data dimana hhitung < htabel
(6 < 10) pada taraf signifikansi α = 0,05. Kesimpulan akhir adalah efektifitas
penggunaan multimedia interaktif berbasis keterampilan proses yaitu 83,85%
sedangkan penggunaan media pembelajaran powerpoint 76,67%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.2 Faz p |
Keywords: | pengembangan, multimedia interaktif, keterampilan proses, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 07:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36089 |