Sapitri, Zuriati Siska (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERHADAP SIKAP ILMIAH, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI TEMA EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 064985 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182058 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 8166182058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM. 8166182058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8166182058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 8166182058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM. 8166182058 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 8166182058 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8166182058 LIST OF HISTOGRAM .pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8166182058 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. NIM. 8166182058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
14. NIM. 8166182058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
15. NIM. 8166182058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang
signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri bebas dan model
konvensional terhadap sikap ilmiah, keterampilan proses sains dan kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa SD Negeri 064985 pada tema komponen ekosistem.
Penelitian ini adalah penelitian True-Experiment dengan menerapkan perlakuan
(treatment) model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas pada
kelompok eksperimen (VA dan VB) dan model pembelajaran konvensional pada
kelompok kontrol (VC) yang masing-masing terdiri dari 27 siswa. Instrumen yang
digunakan yaitu angket sikap ilmiah, tes keterampilan proses sains dan tes
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang telah valid. Hasil penelitian
dianalisis dengan menggunakan uji One Way Anova dan uji Tukey yang
menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model
pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri bebas dan model konvensional terhadap
sikap ilmiah siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05; (2) Terdapat
pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri
bebas dan model konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa yang
dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 dan; (3) Terdapat
pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri
bebas dan model konvensional terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa
yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,026 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sap p |
Keywords: | inkuiri terbimbing, inkuiri bebas, sikap ilmiah, keterampilan proses sains, higher order thinking skill. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 05:09 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 05:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36086 |